header-int

UIR Terjunkan 29 Mahasiswa Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Rabu, 20 Mar 2024, 15:57:35 WIB - 184 View
Share
UIR Terjunkan 29 Mahasiswa Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Kali ini UI kembali mengikuti program lama kita yaitu Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 yang akan dilaksanakan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, atau biasa kita sebut dengan Ibukota Dolar. Program ini berlangsung pada tanggal 1 hingga 8 Oktober 2016. UI mengirimkan 29 mahasiswa dari berbagai fakultas. untuk melaksanakan 9 proyek pelayanan di Pulau Tidung. Proyek nirlaba dibagi menjadi 3 tema utama: industri kreatif; Kesehatan lingkungan dan pendidikan yang sesuai dengan kondisi sosial dan budaya Pulau Tidung

Proyek ekonomi kreatif yang dilaksanakan antara lain pelatihan produksi minyak kelapa murni (VCO) bagi ibu-ibu rumah tangga. Pembuatan website dengan nama domain Village.id dan pemetaan potensi wisata Pulau Tidung. Halaman yang dibuat nantinya akan menjadi saluran komunikasi untuk mempromosikan unit usaha masyarakat dan potensi wisata Koh Tidung ke seluruh masyarakat.

“Beberapa anggota tim kami yang merupakan mahasiswa geografi juga membantu mukim memetakan potensi wisata Tidung menggunakan aplikasi geografi,” kata Putri, General Manager Program ENJ UI.

Selain itu, tim UI juga memperkenalkan program pendidikan UKS Pintar (Unit Kesehatan Sekolah) kepada para dokter muda di Pulau Tidung dalam bentuk pengetahuan dasar gizi dan materi gaya hidup sehat, serta pelaksanaan proyek kesehatan lingkungan. Tim UI memberikan inspeksi gratis pada hari pertama dan bekerja sama dengan masyarakat untuk membersihkan pantai pada hari terakhir.

Sementara itu, program pendidikan juga mencakup pembentukan komite bahasa Inggris. Materi pendidikan bahasa Inggris untuk siswa kejuruan dan program pelatihan pengolahan sampah masyarakat Semua proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan memaksimalkan potensi lokal untuk mempromosikan pariwisata lokal.

ENJ merupakan proyek eksplorasi kelautan Indonesia yang melibatkan generasi baru masyarakat Indonesia. termasuk siswa, penjelajah, dan siswa sekolah menengah. Tahun ini ENJ mengangkat isu spiritualitas remaja. Topik utamanya adalah “Pengembangan ilmu kelautan bagi generasi baru dan penghubung pulau-pulau perbatasan NKRI”

Unidha Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Malingping berkedudukan di Jl. Raden Abbas No.55 Lebak Jaha Desa Malingping Selatan Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, merupakan wujud nyata dari kemauan, niat, tekad, kesungguhan dan himmah ‘aliyah dari para pendirinya untuk turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube